Sabtu, 21 April 2012

10 pulau tak berpenghuni

1. Maladewa
Kepulauan Maladewa adalah potret sebuah negara kepulauan, yang mencakup sekitar 1.190 pulau individu yang dibagi 5 sampai 10 pulau berpenghuni dan 20 sampai 60 yang tidak berpenghuni. Situasi unik geografi memungkinkan pengusaha di pulau-pulau berpenghuni untuk memberikan "liburan pulau terpencil" untuk wisatawan asing mencari untuk hidup sementara.

Maladewa, mungkin sangat unik dibanding tempat lain di Bumi, yang mengaburkan garis antara tanah dan air. Disini terhampar banyak keindahan tropis dan iklim yang sangat hangat. Ketinggian rata-rata di atas permukaan laut di Maladewa hanya 5 kaki (1,5 meter) dengan titik tertinggi naik hanya 2,3 meter.


2. Auckland
Kepulauan Auckland terletak di sebelah selatan Selandia Baru.Pulau Auckland adalah yang terbesar dari lima pulau yang membentuk kepulauan ini. Kepulauan ini terbentuk jutaan tahun yang lalu dari beberapa gunung berapi aktif panjang. Luas total pulau adalah 241,3 mil persegi (625 km).
Beberapa upaya untuk menjajah pulau ini dilakukan pada abad ke-19 hanya berlangsung 2 tahun. Pulau-pulau telah benar-benar tak berpenghuni sejak penghapusan stasiun meteorologi didirikan dan diawaki oleh pemerintah Selandia Baru selama Perang Dunia Kedua.


3.Aldabra

Pulau Aldabra adalah pulau karang terbesar kedua di dunia dengan total luas 60 mil persegi (155,4 km ²), dibagi menjadi empat pulau. Aldabra telah dikenal umat manusia selama berabad-abad, dimana namanya berasal dari bahasa Arab. Kelompok pulau ini terletak 265 mil (426,5 km) barat laut Madagaskar. Ibukota pulau ini, Mahé, ter lebiletak lebihh dari 700 mil (1,126.5 km) di timur. Sampai saat ini masih menjadi misteri mengapa Aldabra belum mampu mendukung bahkan pemukiman manusia kecil.

Pulau Aldabra adalah habitat salah satu kura-kura terbesar di dunia - sekitar 150.000 Kura-kura raksasa Aldabra (Dipsochelys dussumieri) berkeliaran bebas di sana. . Aldabra juga rumah bagi kepiting tanah terbesar di dunia, Kepiting Kelapa (Birgus latro).





4.Tetepare, Solomon.
Dikenal sebagai "pulau liar terakhir", Pulau Tetepare di Kepulauan Solomon telah tidak berpenghuni sejak pertengahan abad ke-19 ketika anggota suku asli melarikan diri ke pulau-pulau sekitarnya karena adanya ancaman meningkat dari headhunter. Pulau ini luasnya 45,5 mil persegi (118 km ²) dan merupakan pulau tak berpenghuni terbesar di kawasan barat Samudera Pasifik.
Pulau Tetepare telah dipantau sejak tahun 2002 oleh Tetepare Descendants Association (TDA), sebuah organisasi amal yang bertujuan untuk melestarikan pulau dari ilegal logging dan eksploitasi sumber daya lainnya untuk kepentingan generasi mendatang.




5. Rock Island, Palau
Pulau ini terkenal karena menjadi tempat shooting dari musim kesepuluh reality show Amerika "Survivor" pada awal tahun 2005. Rock Island (disebut Chelbacheb dalam bahasa Palauan asli) memiliki luas lahan total hanya 18 persegi mil (47 km ²) Pulau ini memiliki keanekaragaman ekologi.
Tempat yang indah dan subur ini mungkin tak berpenghuni hari ini tetapi tampaknya dulu sempat ada kehidupan manusia di sini. Salah satu contoh yang paling menarik adalah penemuan sisa-sisa kerangka "orang kecil".







6. Cocos Island, Kosta rika
Cocos Island terletak Galapagos utara, terhampar di Samudera Pasifik sekitar 340 mil (550 km) di lepas pantai barat Kosta Rika. Pulau seluas kira-kira 9,2 mil persegi (23,85 km ²) ini merupakan habitat dari rusa, babi, kucing, dan tikus. Perairan sekitar Cocos Island kaya akan oasis kehidupan laut.
Penulis Michael Crichton yang didasarkan dari novelnya Isla Nublar (dan kemudian film dan game) Jurassic Park di Pulau Cocos, menduga bahwa "Isla Nublar" adalah bahasa Spanyol untuk Pulau Berawan dan Cocos Island adalah satu-satunya pulau dekat Tengah atau Amerika Selatan dengan ekosistem hutan yang luas.



7. Phoenix Islands, Kiribati.
Kepulauan Phoenix adalah kelompok dari 8 pulau dan terumbu karang yang terletak sekitar pertengahan antara Hawaii dan Fiji di Pasifik selatan. Luas total lahan pulau hanya 11 mil persegi (27,6 km ²). Kecuali 24 orang (Mei 2010) tinggal di Kanton, pulau ini tidak berpenghuni. Beberapa upaya untuk menempati atau menjajah Kepulauan Phoenix telah dilakukan selama dua abad terakhir tapi semua berakhir dengan kegagalan dan penduduk terakhir meninggalkan pulau ini tahun 1963.
Kepulauan Phoenix terisolasi, meskipun merupaka bagian dari Republik Kiribati. Pulau Kanton terletak (1.765 km) timur ibukota republik itu, Tarawa Selatan.




8. Mu Ko Ang Thong, Thailand
Mu Ko Ang Thong National Park (didirikan 1980) terdiri dari 42 pulau-pulau di Teluk Thailand. Meskipun taman secara keseluruhan meliputi 39,5 mil persegi (102 km ²), hanya 7 mil persegi (18 km ²) adalah lahan kering. "Ang Thong" berarti "Bowl of Gold", dan pulau-pulau menikmati cuaca yang hangat dan sinar matahari melimpah yang telah membuat kawasan wisata di provinsi Thailand Surat Thani begitu populer.
Pulau-pulau Mu Ko Ang Thong adalah lokasi dari The Beach dalam novel Alex Garland 1996 dan film 2000 dengan nama yang sama, dibintangi Leonardo DiCaprio.




9. Monuriki Island, Mamanuca Islands (Fiji)
Ada sekitar 20 pulau vulkanik di kelompok Kepulauan Mamanuca, bagian dari bangsa Fiji. Angka itu turun menjadi sekitar 13 saat air pasang tinggi, namun. Banyak dari Kepulauan Mamanuca tidak berpenghuni dan faktor utama memutuskan untuk tidak menghuni pulau ini tampaknya ketersediaan air tawar.
Salah satu Kepulauan Mamanuca, pulau Monuriki merupakan lokasi utama di mana film Cast Away 2000 difilmkan. karakter yang dimainkan oleh Tom Hanks, "Chuck Noland" menghadapi beberapa kesulitan hidup pada Monuriki.



10. Devon island, Kanada
Pulau ini lebih berupa "pulau padang pasir". Meskipun demikian, Devon Island tetap merupakan pulau di dunia 27 terbesar dan pulau tak berpenghuni terbesar di planet ini. Terletak di kepulauan Arktik Kanada barat laut Pulau Baffin, Pulau Devon memiliki luas 21.331 mil persegi (55.247 km ²).
Iklim brutal dingin kering telah membuat Pulau Devon wilayah pengujian yang sempurna untuk peneliti kehidupan masa depan di Mars. Ini bukan jenis tempat untuk hidup nyaman, dan akan membuat manusia kesulitan dalam banyak hal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar